Home / Uncategorized / Arti dari “berkuasa diatas ars”

Arti dari “berkuasa diatas ars”

berkuasa diatas ars

Pertanyaan: Allah berfirman :”Dia telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari kemudian bersinggahsana diatas ars”. Dari diri tuan kami memohon untuk menjelaskan ini kepada kami?

Jawaban: Allah memberi petunjuk kebenaran jika yang dipertanyaakan adalah arti firman Allah “ثم استوى على العرش” maka imam malik pernah ditanya tentang hal itu lalu beliau menjawab : al-istiwa’ / menguasai itu sudah jelas, adapun caranya tidak ada yang mengetahui, mengimaninya hukumnya wajib dan bertanya tentang hal itu adalah bid’ah.

Cukuplah jawaban imam ini sebagai dalil hendaknya kita menyerahkan urusan ini kepada Allah SWT. Allah berfirman :”dan orang-orang yang teguh dalam keilmuannya mereka berkata : kami beriman tentang hal itu, segala sesuatu itu datangnya dari Tuhan kami dan tidak ada yang mengingat kecuali orang-orang yang berakal “.

Dan kitab-kitab tafsir banyak membahas ayat tersebut dengan sempurna, hendaknya penanya melihat tafsir jalalain atau tafsir ibnu katsir maka ia akan mendapatkan apa yang ia cari . wallohu a’lam

(qurrorul ain hal :23)

About admin

Check Also

Sahabat yang murtad lalu bertaubat

murtad lalu bertaubat Pertanyaan: sesungguhnya sahabat yang telah ditetapkan kesahabatannya kemudian keluar dari islam setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam