Home / Uncategorized / Bumi berputar pada porosnya

Bumi berputar pada porosnya

Pertanyaan:  Berputarnya bumi pada porosnya, Apakah al-quran mengisyaratkannya ? dan didalam ayat mana ?

Jawab:  sesungguhnya gunung adalah pasak bumi, untuk menetapkan dan mencegahnya dari bergerak dan dari kejadian longsor atau lindu, gunung-gunung ini adalah pasak yang membuat bumi tidak menggoncang manusia. Ketika engkau melihat besarnya maka engkau akan berkeyakinanbahwa sesungguhnya bumi itu tetap ditempatnya, tidak bergerak satu langkah pun ia tetap dan  padat.

Allah SWT berfirman :” dan kamu lihat gunung-gunung itu kamu sangka dia tetap ditempatnya, padahal ia berjalan seperti jalannya awan”(QS. An-naml :88).

Kenapa Allah berfirman “kamu sangka” ?, Allah berfirman dengan kata “kamu sangka” itu sebagai rahmat bagi akal dan manusia, manusia menyangka bahwa gunung itu tetap, akan tetapi Allah SWT ingin memberitahukan kepada kita bahwa gunung yang kita lihat dihadapan kita yang kita sangka tetap ternyata bergerak dari satu tempat ketempat yang lain, akan tetapi ia “berjalan seperti jalannya awan” kenapa ?

Karena sesungguhnya awan tidak memiliki gerak, tidak bergerak sendiri, yang mengerakkan adalah angin, maka mendung tanpa angin akan tetap ditempatnya, akan tetapi angin yang mendorongnya dari satu tempat ketempat yang lain, dari sini sesungguhnya Allah SWT mengunakan kata-kata “seperti jalannya awan” ingin menceritakan kepada kita bahwa sesungguhnya gunug yang kita sangka padat bergerak dengan sendirinya akan tetapi ia mengikuti geraknya perkara lain, dengan sempurna seperti angin mendorong mendung, ketika gunung merupakan paku dari bumi dan tidak bergerak sendiri. Lalu apa yang mengerakkannya ?

Yang mengerakkannya adalah benda lain, apa benda lain itu ? ia adalah bumi, gunung bergerak mengikuti pergerakan bumi, maka bumi harus bergerak dengan sendirinya, jika tidak bagaimana mungkin ia bisa mengerakkan bumi ketika ia diam. Begitulah sentuhan Allah dalam memutar bumi dengan bentuk yang indah, sesungguhnya bumi bergerak dengan berputar pada porosnya. Dan gunung adalah paku berputar mengikuti bumi dalam geraknya.

(Diterjemahkan dari kitab Fatawal Qubro karangan syekh Muhammad Mutawali As-sya’rowi hal: 26)

About admin

Check Also

Sahabat yang murtad lalu bertaubat

murtad lalu bertaubat Pertanyaan: sesungguhnya sahabat yang telah ditetapkan kesahabatannya kemudian keluar dari islam setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam