Home / dunia islam terkini / HADITS TENTANG PADUAN SUARA WANITA DALAM ISLAM

HADITS TENTANG PADUAN SUARA WANITA DALAM ISLAM

Dalam hal ini banyak hadits yang menyebutkan bahwa suara wanita bukan merupakan aurat sebab Dalam Fiqih ‘Ala Al-Madzahib Al-Arba’ah ada disebutkan: “Suara perempuan bukanlah aurat. Karena isteri-isteri Nabi saw. pun berbicara dengan para sahabat beliau. Para sahabat itu mendengarkan hukum-hukum agama yang diajarkan oleh ibu-ibu kaum mu’minin itu. Namun demikian, mendengarkan suara wanita tetaplah haram jika dikhawatirkan bisa tergoda karenanya, sekalipun suara itu didengar ketika membaca AlQur’an”.

suara wanita

Dan begitu pula wanita yang menghadap Amirul mu’minin Umar bin Khatthab ra. ketika beliau hendak membatasi mahar (maskawin) baginya, maka dibacakanlah oleh wanita itu firman Allah Ta’ala:

Artinya:

“Dan jika kamu ingin mengganti isterimu dengan isteri yang lain, sedang kamu telah memberikan kepadanya harta yang banyak, makajanganlah kamu mengambil kembali daripadanya barang sedikit pun” (Q.S. An-Nisaa’ 4:20)

Seketika berkatalah Umar: “Benarlah wanita dan Umar keliru.”

Andaikan suara wanita itu aurat, pastilah Amirul Mu’minin mencegah dia membaca sesuatu.

Jadi jelaslah, suara wanita itu memang bukan aurat. jadi hukum suara wanita itu tidak lah merupakan aurat. Tapi jikalau ada seorang wanita dengan suaranya hendak membangkitkan nafsu lelaki terhadapnya, dengan melembutkan dan melemah gemulaikannya; atau suaranya memang lemah gemulai bisa membangkitkan gejolak lelaki, menyadari itu kemudian wanita itu semakin menjadi-jadi, maka perbuatan seperti itu terlarang. Dalilnya ialah firman Allah Ta’ala:

Artinya:

“Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang (menyimpan) penyakit dalam hatinya” (Q.S. Al-Ahzaab 33:32)

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam