Home / dunia islam terkini / Hukum Mandi disiang hari ketika berpuasa

Hukum Mandi disiang hari ketika berpuasa

Masalah ketiga puluh satu

Bolehkah orang berpuasa mandi di siang hari ?

Abu Bakar ibn Abdurrahman meriwayatkan dari salah seorang sahabat Nabi s.a.w. berkata “Aku pernah melihat Nabi s.a.w menuangkan air ke atas kepalanya karena dia merasa kepanasan, padahal dia sedang berpuasa.”

Hadis tersebut menunjukan bahwa orang yang bepuasa boleh menghilangkan panas yang dirasakan tubuhnya dengan cara menuangkan air ke sebagian atau ke seluruh anggota tubuhnya. Ini adalah pendapat mayoritas ulama, dan mereka tidak membedakan antara mandi wajib, mandi basah, mandi sunnah ataupun mandi biasa. dan dari hadits tersebut dapat diambil hukum juga tentang keramas disiang hari tatkala berpuasa atau bahkan juga wudhu ketika berpuasa.

Para ulama dari mazhab Hanafiyyah berpendapat bahwa mandi hukumnya makruh bagi orang yang berpuasa. Mereka mendasarkan pendapatnya pada hadis yang diriwayatkan oleh Abdur Razaq dari Ali, yaitu hadis yang berisi larangan bagi orang yang berpuasa masuk ke kamar mandi. Akan tetapi dalam sanad hadis tersebut terdapat beberapa kelemahan seperti yang dikatakan oleh al-Hafuzh Ibn Hajar al-Asqlami.

 

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam