Home / dunia islam terkini / hukum mengharuskan sahur setiap berpuasa

hukum mengharuskan sahur setiap berpuasa

Masalah kedua puluh Satu

haruskah setiap puasa didahuli dengan sahur ?

 

Rasulullah s.a.w. bersabda,

“Sahurlah kalian, karena di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Rasulullah s.a.w. juga bersabda, “sesuatu yang membedakan antara puasa kita dengan Ahlul-Kitab adalah sahur.” (HR. Muslim dan at-Tirmidzi)

Rasulullah s.a.w. sangat menganjurkan sahur. Beilau dan para sahabatnya juga melakukannya. Nabi s.a.w.  mengatakan bahwa sahur itu terdapat keberkahan. Karena makan sahur dapat membantu seseorang dalam menjalankan puasa disiang harinya. Selain itu, makan sahu dilakukan pada saat-saat dimana doa seorang hamba akan dikabulkan, karena pada saat itu Allah turun ke dunia lalu berfirman, ‘jika ada yang memohon kepada-ku, aku pasti mengabulkan permintaanya. Jika ada yang memohon ampunan kepada-ku, Aku pasti mengampuninya. Jika ada yang bertobat kepada-ku, Aku pasti menerima tobatnya.”

Selain itu, makan sahur merupakan upaya mengikuti sunah Rasulullah S.a.w dan membedakan dengan puasa ahluk-Kitab ketika berpuasa, ahlul-Kitab tidak pernah makan sahur. Oleh karena itu, kita diperintahkan untuk membedakan diri dengan mereka dalam hal-hal yang belum ada dalam syariat kita.

Dalam hadis riwayat :”barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka ia termasuk dari kaum tersebut”, maka dari itu kita tidak boleh meniru sedikitpun ibadah atau prilaku ahlu kitab zaman sekarang.

oleh karena itu sahur merupakan hasungan oleh nabi kita Muhammad SAW dan membedakan puasa ahlu kitab dengan orang islam, sebab itu ada baiknya kita bersahur sebelum berpuasa baik itu puasa sunnah maupun puasa wajib meski bersahur hanya makan kurma atau dengan menu sahur  lainnya itu pun termasuk sahur. wallohu a’lam.

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam