Home / dunia islam terkini / HUKUM MENGIKIR GIGI dan MENGGANTI atau MEMBENTUK ALIS dan TATO

HUKUM MENGIKIR GIGI dan MENGGANTI atau MEMBENTUK ALIS dan TATO

MENGGANTI ALIS

Menghilangkan bulu alis atau menipiskan, mencukur atau bahkan membentuknya  adalah haram juga. Dan dalilnya ialah hadits riwayat Ibnu Mas’ud ra, bahwa Nabi saw. bersabda:

Artinya:

“Allah mengutuk perempuan-perempuan pentato dan mereka yang minta ditato, perempuan-perempuan yang mencukur alis dan mereka yang minta dicukur alisnya, perempuan-perempuan yang mengikir giginya agar lebih indah dan mereka yang merubah ciptaan Allah” (H.R Tujuh Perawi)

adapun untuk merapikannya seperti disisir atau dirawat itu tidak apa-apa sebagaimana dalam hadits :” barang siapa yang mempunyai rambut maka muliakanlah dia ” artinya memuliakan disini dengan menyisisr atau merapikannya tanpa mengurangi ciptaan aslinya, adapaun merapikan dengan mengurangi ciptaan Allah hukumnya tetep haram.

 mencukur alis

 TATO

Bertato maksudnya mencacah punggung telapak tangan atau bagian badan Iainnya dengan menusukkan jarum padanya hingga ke luar darah, lalu dibubuhi celak atau bahan lainnya hingga tampak kehijau-hijauan. Hukumnya haram, baik atas yang mentato maupun yang mau saja ditato, apalagi yang memintanya.

banyak orang mengunakan tato dilengan tangan agar terlihat keren ini bukannya akan menjadikannya keren baginya malah akan menjadikannya sengsara didunia dan diakherat, didunia orang bertato dianggab negatif khususnya dinegara kita ini dan diakherat akan mendapat siksa karena melanggar aturamn yang ditetapkan oleh Allah SWT kepada manusia.

Bahkan menurut Asy-Syafi’i, tempat yang ditato itu menjadi najis. Jadi kalau mungkin, wajib dihilangkan. Kalau tidak dapat kecuali dengan cara dilukai, itupun masih tetap wajib dihilangkan dengan segera, apabila tidak menimbulkan kesulitan, bahaya ataupun kebinasaan. Tapi kalau dikhawatirkan bakal menimbulkan kerusakan, hilangnya salah satu anggota tubuh ataupun luka berat, maka tak wajib menghilangkannya.

tato

 

MENGIKIR GIGI

Mengikir gigi dengan maksud agar tampak kecil-kecil dan lebih menarik, adalah haram, baik atas si tukang kikir maupun yang dikikir, bila tujuannya semata demi keindahan. Tetapi kalau tujuannya memperbaiki aib atau mengatur gigi yang tidak teratur, maka tak apalah hal itu dilakukan.

namun jika yang dimaksud untuk merapikannya seperti pasang behel  maka hukumnya diperbolehkan dengan tujuan atau ada niatan untuk merubah gigi itu sendiri. namun ika tujuannya merubuh misalnya menegikir gigi atau atau membentuk gigi maka itu diharamkan.

MENGIKIR GIGI

MERUBAH CIPTAAN ALLAH

Termasuk yang dihukumi haram ialah mereka yang merubah ciptaan Allah dengan cara menambah atau mengurangi. Seperti merubah bentuk wajah dengan make up, bentuk bibir maupun alis. Termasuk mencukur alis, mengecat kuku dll.

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam