Home / dunia islam terkini / HUKUM MINYAK WANGI ATAU PARFUM

HUKUM MINYAK WANGI ATAU PARFUM

Haram atas wanita memakai minyak wangi atau parfum selain untuk memenuhi kesenangan suaminya saja. Dan sebaiknya pakailah minyak yang baunya tidak terlalu merangsang, sebagaimana anjuran Rasulullah saw.:Artinya:“Sesungguhnya minyak wangi untuk lelaki atau parfum pria  ialah yang kuat baunya dan kalem warnanya, sedang minyak wangi untuk wanita (parfum wanita) ialah yang menyolok warnanya dan kalem baunya” (H.R. An-Nasa’I dan At-Tirmidzi dan Abu Hurairah. At-Tirmidzi mengatakan, hadist ini hadist hasan)

parfum

Asy-Syaukani mengatakan: “Telah ada pernyataan bahwa wanita berjalan melewati majiis-majiis sedang dia memakai minyak wangi yang baunya menyengat hidung, wanita itu disebut “pezina”, seperti yang diriwayatkan At-Tirmidzi dan disahkan oleb Abu Daud dan An-Nasa’I, dari Abu Musa: Artinya:“….Setiap mata yang berzina. Dan perempuan bila memakai minyak wangi lalu berjalan melewati kumpulan orang, maka dia pun begini, begini. Maksudnya, dia pun pezina“ (Nail Al-Authar 1:96)
jadi sudah jelas bahwa hukum wanita menggunakan parfum dengan tujuan selain menyenangkan suaminya bahwa itu haram dan dilarang dalam agama.

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam