Home / Uncategorized / hukum puasa bagi wanita haid dan fidyah bagi wanita haid

hukum puasa bagi wanita haid dan fidyah bagi wanita haid

Masalah Ketujuh

Bagaiman dengan wanita yang haid dan nifas pada bulan Ramadhan?

     pada artikel sebelumnya mungkin sering dibahas tentang haid ataupun nifas dan bagaimana hukum keduanya, namun setiap artikel memiliki keutamaan tersendiri yang mungkin bisa dibuat pegangan oleh pembaca, oleh karena itu dalam artikel ini mungkin ada kemiripan dengan artikel yang telah jkami posting sebelumnya, kami bertujuan agar pembaca lebih luas lagi akan wawasan tentang agama (din) ini.

dalam hal ini, Jika seorang wanita mengalami haid atau nifas pada bulan Ramadhan, dia tidak boleh berpuasa dan harus mengganti pahala puasanya. Bahkan, para ulama telah sepakat bahwa wanita haid atau nifas tidak boleh berpuasa. Dia harus berbuka dan mengganti puasa yang ditinggalkannya. Jika tetap berucap, “Kami pernah haida pada masa Rasulullah, maka kami pun diperintahkan mengganti puasa, tetapi tidak diperintahkan mengganti shalat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Abu Sa’id meriwayatkan, Rasulullah s.a.w. bersabda,

“Jika di antara kaum wanita ada yang haid, dia tidak boleh mengerjakan shalat dan puasa. Itulah yang dimaksud dengan ungkapan ‘kurang agamanya.” (HR. Bukhari)

Hukum wanita haid dan nifas adalah sama, karena hukum darah nifas dan haid sama. Jika seorang wanita mendapati masa haidnya siang hari, maka puasanya batal. Jika wanita haid berniat mengerjakan puasanya, padahal dia mengetahui bahwa hukumnya haram, dia akan berdosa dan puasanya tidak akan diberi pahala. Jika seorang wanita sudah bersih dari haidnya, kemudian dia berpuasa, puasanya dianggap sah.

lalu bagaimana cara mengganti puasa bagi wanita haid atau nifas ?

dalam hal ini lebih sereing kita jumpai ketika bulan ramadhan, maka cara mengganti puasa bagi wanita haid atau nifas dengan berpuasa setelah bulan ramadhan usai. dan itu merupakan fidyah bagi wanita haid

 

About admin

Check Also

Sahabat yang murtad lalu bertaubat

murtad lalu bertaubat Pertanyaan: sesungguhnya sahabat yang telah ditetapkan kesahabatannya kemudian keluar dari islam setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam