Home / Uncategorized / Hukumnya orang dipaksa

Hukumnya orang dipaksa

Pertanyaan: apakah seseorang jika dipaksa melakukan sholat akan mendapatkan pahala sholat ? dan apakah seseorang dipaksa melakukan kemungkaran akan disiksa atas hal itu ?

Jawab:  sesungguhnya jika engkau memegang  tongkat dengan keras, dan memaksa seseorang untuk sholat, dan hatinya tidak ingin dan menolak solat maka tiada sholat  baginya, dan jika engkau memaksa sesorang melakukan kemungkaran dan hatinya menolak kemungkaran itu maka tidak ada hisab baginya, Allah menggugurkan hisab dari dirinya oleh karena itu Allah SWT berfirman :”jika kami kehendaki niscaya kami menurunkan kepada mereka mukjizat dari langit maka senantiasa kuduk-kuduk  mereka  tunduk kepada-Nya” {QS. As-syuaro’:4}.

Sesungguhnya Allah berfirman pada Rosul dan Nabi-Nya yang mulia saya tidak ingin leher yang tunduk dengan terpaksa, karena sesungguhnya jika aku menginginkan hal itu maka alangkah mudah bagiku untuk melakukannya, saya tidak ingin memaksa  tapi saya menginginkan ibadah, yang datang dengan rasa cinta kepadaku, bukan karena paksaan untuk melakukan yang kuinginkan, Allah SWT ketika berfirman :

“Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka menyembah-Ku “

Maka yang penting disini adalah mereka mau beribadah, bukan penghambaan, agar mereka datang kepada Allah SWT dengan rasa cinta dan tunduk  jika mereka datang bukan karena itu maka mereka tidak menguatkan urusan penting mereka dalam hidup dan hendaknya mereka melakukan dengan cinta dalam setiap perkara yang mereka lakukan.

Ketika mereka beribadah maka ibadah mereka karena cinta, ketika mereka menghukumi maka hokum mereka karena cinta terhadap ridho Allah, ketika mereka menjual, membeli semua itu didalam lingkungan cinta terhadap ridho Allah.dan dalam setiap urusan dunia maka tidak ada yang menyibukkan mereka kecuali cinta tersebut.

(Diterjemahkan dari kitab fatawal khubro, karangan syekh Muhammad mutawalli As-Sya’rowi hal :90)

 

About admin

Check Also

Sahabat yang murtad lalu bertaubat

murtad lalu bertaubat Pertanyaan: sesungguhnya sahabat yang telah ditetapkan kesahabatannya kemudian keluar dari islam setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam