Home / Uncategorized / Kapan Allah mengabulkan doa kita

Kapan Allah mengabulkan doa kita

Pertanyaan:  disana terdapat orang yang berkata , sesungguhnya aku berdoa kepada Allah dan belum mengijabahi doaku, padahal Allah telah berfirman :”berdoalah kepadaku niscaya aku Allah mengabulkanmu”.

Jawab: tatkala orang mukmin dekat dengan Allah setelah berlangsungnya sebab yang dapat memberinya dan mengabulkan jika Dia menghendakinya, dan mengambil hikmahnya ketika doanya terkabulkan, karena doanya terpaksa, wajib bagi kita untuk berhenti diayat al-quran al-karim yang sebagian kita memahaminya dengan pemahaman yang pendek dengan maknanya, “dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadaku tentang Aku, maka jawablah bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku , maka hendaklah mereka itu memenuhio segala perintahKu dan hendaklah mereka beriman kepadaKu agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (QS. Al-baqoroh : 186).

Sebagian dari kami telah meminta kepada Allah sungguh aku telah berdoa kepada Allah dan belum dikabulkan oleh Allah, kenapa ?  sungguhnya telah tersesat pemikiran sebagian orang yang tidak mempunyai iman dihatinya, dan menyangka bahwa maha suci Allah dari sangkaan mereka dan mempertimbangkan segala sesuatu, dan sungguh Allah telah membantah orang yang berkata kalian jika berdoa kepada Allah tanpa adanya  manfaat, Allah tidak akan memberi apa yang kalian minta dari fasilitas-fasilitas duniawi, itu dengan sebab kalian berdoa karena tidak ada paksaan atau tekanan, dan Allah hanya mengabulkan doa orang yang  memanfaatkan pemberiannya untuk menguatkan cahaya keimanan yang mutlak dengan Allah dan tanpa adanya kerusakan dalam kesejahterahan kaum yang lain, dan tidak bermalas-malas untuk melakukan perbuatan yang sesuai dengan metode Allah, tangan Allah tidaklah terhampar untuknya dengan sebab tertentu akan tetapi karena sebab-sebab lain, oleh karena itu ketika orang mukmin seperti ini menjadi lemah disetiap tempat mka sesungguhnya kekuasaan Allah memberikan pertolongan dan Dzat-Nya menolong manusia untuk menyatakan doa ini.

permasalahan ini mengajari kita bahwasanya Allah SWT memiliki pasukan yang tidak diketahui kecuali oleh Allah, Allah menolong dengan mengirim mereka kepada orang-orang mukmin yang terpaksa yang kehilangan semua sarana.

sesungguhnya pencipta Alam semesta selamanya tidak akan membiarkan hamba yang beriman kehilangan semua sarana yang disyariatkan untuk membuktikan tujuan  didalam lingkungan metode islam, oleh karena itu Allah SWT memberikan ketenangan terhadap hamba-hambanya yang beriman bahwa sesungguhnya tidak seorang pun dari mereka dihadapkan terhadap kesulitan diluar kemampuan hamba itu, akan tetapi seorang hamba yang beriman menghadapi kehidupan dengan kekuatan Dzat yang diyakini dan tulus beribadah kepada-Nya selama hamba tersebut tulus dalam beribadah dalam bentuk dan rukunnya maka yang terbukti adalah Allah akan menolong dan menyelamatkan hamba yang taat yang mengajak  dan menyelamatkan yang tidak memiliki kekuatan untuk menghadapi kesulitannya.

(Diterjemahkan dari kitab fatawal khubro, karangan syekh Muhammad mutawalli As-Sya’rowi hal :68)

About admin

Check Also

Sahabat yang murtad lalu bertaubat

murtad lalu bertaubat Pertanyaan: sesungguhnya sahabat yang telah ditetapkan kesahabatannya kemudian keluar dari islam setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam