Home / Uncategorized / Keluarnya sosok hantu si mayat setelah meninggal

Keluarnya sosok hantu si mayat setelah meninggal

Keluarnya sosok hantu

Pertanyaan: terjadi dinegara kami sejak zaman dahulu apa yang disebut dengan jerangkong, jelasnya pertanyaan seperti ini, sesungguhnya orang ahli maksiat yang mati akan keluar dari kuburnya mahluk yang menyerupai hewan yang memiliki bentuk yang mengerikan, ia keluar dari kuburan mayit tersebut dan pergi kerumah orang-orang untuk menakuti mereka dengan berbagai macam cara menakuti mereka dengan rupa, suara, dan bentuknya atau semisalnya. Ia merubah bentuk dengan bentuk yang berbeda-beda terkadang didengar suaranya dan tidak terlihat sosoknya, dan sering kali menyerupai bentuk mayit tersebut dengan sempurna, ia keluar setelah magrib hingga terbitnya fajar, itu yang kami dengar dari penjelasan berbagai orang kemudian mereka berbeda pendapat ada yang menyatakan bahwa sesungguhnya ia adalah ruh dari mayit tersebut, dikeluarkan oleh Allah kedunia ini untuk menunjukkan bahwa orang yang memiliki kuburan tersebut adalah orang yang jelek, ada yang berpendapat bahwa ia adalah setan yang menggoda manusia, dan ada yang berpendapat sesungguhnya ia adalah amal jelek si mayit yang diwujudkan oleh Allah.

Maka kami memohon penjelasan semoga Allah membalas anda dengan ganjaran dan pahala ?

Jawaban: Allah pemberi petunjuk dalam kebenaran, sesungguhnya seseorang tidak boleh mengatakan semua apa yang ia dengar, dalam sebuah hadits :”cukuplah seseorang disebut sebagai pendusta ketika ia menceritakan setiap apa yang ia dengar”. Dan tidak boleh memiliki keyakinan seperti ini, telah datang pencegahan syariat dari keyakinan seperti ini Rosululloh saw bersabda :” tidak ada penularan, pertanda buruk, firasat buruk, hari buruk” (HR. Bukhori dan Muslim).

“hammah” adalah  jenis burung konon orang jahiliyah meyakini bahwa roh mayit berbentuk seperti burung dan ia berputar disekeliling rumahnya dan dimalam hari mendatangi keluarganya, lalu Rosululloh saw melarang hal itu. Dan kuatnya larangan tersebut dengan betuk kata larangan mengisyaratkan bahwa sesungguhnya hal itu tidak terjadi dan perkara yang dipertanyaakan hendaknya tidak diyakini dan orang mukmin yang cerdas tidak usah membenarkannya, kekuasaan Allah bisa saja mewujudkan sesuatu akan tetapi merupakan rahmatnya terhadap hamba-hambanya apalagi ummat Muhammad, maka Allah menutupi sebagian perkara dan sebagian perkara diserahkan kepadanya dan tidak diketahui hakikat perkara tersebut kecuali dikembalikan kepada-Nya.

Maha suci Allah yang telah memberi semoga Allah menjadikan berbagai kondisi kita untuk bertaqwa dan menjadikan ampunan dan ridho Allah sebagai tempat kembali kita . wallohu a’lam

(qurrorul ain hal :20-21)

About admin

Check Also

Sahabat yang murtad lalu bertaubat

murtad lalu bertaubat Pertanyaan: sesungguhnya sahabat yang telah ditetapkan kesahabatannya kemudian keluar dari islam setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam