Home / dunia islam terkini / KETIKA WANITA SHALAT DI MESJID

KETIKA WANITA SHALAT DI MESJID

wanita sholat jamaah dimasjid dan hal-hal yang dilarang ketika keluar dimasjid, berikut merupakan hadits-hadits yang menunjukkan hal itu :

Artinya:“Dari Ibnu Umar ra., dan Nabi saw. bahwa beliau bersabda: “Apabila isteri-isterimu meminta izin kepadamu pergi ke mesjid malam hari, maka izinkanlah. (H.R. Jama’ah selain Ibnu Majah)

disamping keutamaan shalat itu sendiri dari hadits diatas menunjukkan bahwa keutamaan shalat berjamaah di  masjid  sangat lah banyak jadi dalm hal ini Rosul SAW tidak melarang siapapun untuk pergio kemasjid menunaikan sholat berjamaah. dan banyak pula hikmah dari shalat berjamaah dimasjid.

Dan menurut riwayat lain:Artinya:“Jangan1ah kamu halangi isteri-isterimu untuk pergi ke mesjid, meski rumah mereka lebih baik bagi mereka”.

Artinya:“Dan dari Abu Hurairah ra. bahwa Nabi saw. bersabda: “Janganlah kamu halangi hamba-hamba wanita Allah dari mesjid-mesjid Allah, dan hendaklah mereka pergi (ke sana) tanpa minyak wangi”. (H.R. Ahmad dan Abu Daud)

Arti hadits di atas adalah menurut Asy-Syaukani, di mana “tafilat” diartikan tidak memakai minyak wangi. Sedang artinya yang asli ialah wanita yang bau badannya tak sedap lagi.

Dan demikian pula menurut Ibnu Abdil Barr dan yang lain, dengan hadits itu kaum wanita diperintahkan pergi ke mesjid dan dilarang memakai minyak wangi.Kemudian tambahnya pula: “Seperti halnya minyak wangi, dilarang pula menggunakan barang-barang lain yang wangi, dilarang pula menggunakan barang-barang lain yang searti dengannya, yakni larangan-larangan agama yang bisa membangkitkan syahwat, seperti pakaian mewah, perhiasan yang menyolok dan rias yang menggiurkan.

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam