Home / dunia islam terkini / LARANGAN BAGI ORANG YANG SEDANG HAID MENURUT ISLAM

LARANGAN BAGI ORANG YANG SEDANG HAID MENURUT ISLAM

Larangan haid Bagi wanita yang sedang haid, ja tidak diperbolehkan melakukan shalat, puasa, masuk mesjid, membaca dan menyentuh Al-Qur’an, thawaf keliling Ka’bah dan bersetubuh, di samping itu haid merupakan satu tanda telah baligh (dewasa)nya seorang remaja puteri.

Namun banyak pula para ulama’ yang menselisihkan apakah boleh seorang wanita membaca alquran’ ? Menurut madhab hanafi, ahmad, dan imam syafii mereka sepakat memperbolehkannya dan pendapat ini diperkuat oleh ibnu taimiyyah, mereka berdalih bahwa larangan ini tidak ada hokum yang jelas .

larangan

Adapun menurut jumhur ulama’ ahli ilmu bahwa wanita haid tidak boleh membaca al-quran dan memperbolehkan bagi mereka untuk berdzikir kepada Allah dan mereka berdalih dan mengqiyaskan dengan hokum orang yang junub.

Dan menurut penulis sendiri lebih condong dengan bolehnya seorang wanita haid membaca al-quran dan berdzikir kepada Allah sebab tidak ada nas yang jelas tentang hal itu, dan ini mengubah anggapan manusia banyak tentang wanita haid tidak boleh melakukan ibadah apapun. 

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam