Home / dunia islam terkini / MACAM NAJIS DAN CARA MEMBERSIHKAN BADAN ATAU DIR YANG TERKENA NAJIS

MACAM NAJIS DAN CARA MEMBERSIHKAN BADAN ATAU DIR YANG TERKENA NAJIS

berikut adalah cara bagaimana membersihkan pakaian atau badan yang terkena najis :

Dalam hal ini Pakaian yang terkena najis, sedang najis itu ada ujudnya, seperti darah atau tahi, maka cara yang tepat adalah dengan menghilangkan  terlebih dahulu najis itu dengan dikerik pakai kuku atau lainnya, barulah sesudah itu dicuci dengan air.

cara membersihkan najis

Sedang untuk kencing yang mengenai pakaian, cukuplah dibersihkan dengan cara memercikkan air padanya, bila kencing itu dari bayi laki-laki yang belum memakan selain susu. Adapun kencing dan bayi perempuan tetap harus dicuci seperti biasa, seperti halnya najis-najis yang lain.

Kemudian bila kencing itu di tanah, maka untuk membersihkannya cukuplah dengan menyiramkan air padanya banyak-banyak, seperti hadits yang telah kami terangkan di atas mengenai seorang Badwi yang kencing di mesjid, yakni di lantainya yang waktu itu masih berupa tanah biasa.
intinya najis terbagi menjadi 3 macam :

  • najis mugholadhoh/berat.

Cara mensucikannya harus dibasuh tujuh kali yang salah satunya dicampur dengan debu. Dihitung basuhan satu kali yaitu semenjak basuhan pertama kali setelah najisnya benar-benar bersih, sebaiknya pencampuran debu ini dilakukan pada basuhan yang pertama.

  • Najis yang sedang dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Najis ainiyah najis yang berwujud (memiliki warna, aroma, rasa). Contoh: darah, nanah, segala sesuatu yang keluar dari qubul dan dubur, anggota tubuh hewan yang terlepas ketika ia masih hidup.

Cara mensucikannya: yaitu dengan membasuh walau pun satu kali asalkan benda, rasa, warna, dan baunya sudah hilang, adapun membasuhnya tiga kali itu lebih baik.

  1. Najis hukmiyah atau secara hukumnya saja,yaitu najis yang bendanya sudah tidak ada warna, rasa, dan baunya.

Cara mensucikannya  cukup dengan mengalirkan air saja pada tempat yang terkena najis yang sudah hilang warna, rasa, dan baunya..

  • Najis yang ringan contohnya air kencing anak kecil yang belum berusia dua tahun, yang hanya minum asi saja, tanpa makanan atau minuman selain asi sama sekali.

Cara mensucikannya: cukup dengan memercikkan air hingga merata atas najis tersebut, dan menghilangkan najisnya.

 

About admin

Check Also

LAMA BERLANGSUNGNYA MENSTRUASI (DARAH HAID) KE LUAR

Lama masa menstruasi seorang wanita tergantun setiap individu, pada umumnya Darah haid ke luar paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam