Home / dunia islam terkini / Mengkhatamkan Al-quran pada bulan Ramadhan

Mengkhatamkan Al-quran pada bulan Ramadhan

Masalah kedua puluh delapan

Berapa kalikah al-Qur’an harus dikhatamkan di bulan Ramadhan ?

 

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Jibril a.s selalu menemui Rasullah s.a.w. pada bulan Ramdhan, lalu Jibril membacakan al-Qur’an untuk Rasulullah. Sungguh, Rasulullah adalah orang yang lebih baik daripada angin yang dikirimkan oleh Allah (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Di dalam riwayat lain disebutkan bahwa Jibril selalu memperlihatkan bacaan al-Qur’an kepada Rasulullah pada bulan Ramadhan,ketika ajal beliau sudah dekat, Jibril pun memperlihatkan bacaan al-qur’an itu kepada Rasulullah sebanyak dua kali di akhir bulan Ramadhan. Maka Nabi s.a.w pun mengetahui bahwa ajalnya telah dekat.”

Dari hadis ini, kita dapat mengetahui bahwa jika dia mendengarkan bacaan al-qur’an dari orang lain, hal itu juga lebih baik bagiannya Qur’an ada bulan Ramdhan. Karena pada bulan Ramadhan pahal akan dilipat gandakan.

Ketika Ramadhan tiba, biasanya para ulama melakukan kajian keilmuan, lalu mereka berinteraksi dengan al-Qur’an baik dengan cara membaca (tadarus al-quran), merenungi, maupun menghayatinya. Namun, alangkah lebih baik jika seseorang membaca al-Qur’an secara perlahan-lahan sambil merenunginya.

Sebagian umat Islam ada yang banyak membaca al-Qur’an tetapi tidak merenunginya. Dia beranggapan bahwa yang dianjuran adalah memperbanyak khatam al-qur’an. Oleh karena itulah, dia pun mengkhatamkan al-Qur’an dalam satu atau dua hari. Dia tidak ingin berhenti sejenak ketika telah selesai membaca sejumlah ayat kemudian merenunginya. Dia tidak mengerti makna dari ayat-ayat yang dibacanya, dan dia tidak menghayati nasihat-nasihat yang baru saja dilewatinya. Dalam hal ini yang terbaik adalah mengkhatamkan al-Qur’an sebanyak dua, tiga atau empat kali saja kemudian diiringi dengan upaya merenunginya.

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam