Home / Uncategorized / Menyebut syayidah maryam setelah nabi lut

Menyebut syayidah maryam setelah nabi lut

Syayidah Maryam

Pertanyaan: dalam firman Allah :” Allah telah membuat perumpamaan  untuk orang-orang kafir istri nuh dan istri lut “. Dan firman Allah  :” Allah telah membuat perumpamaan untuk orang-orang yang beriman kepada istri fir’aun “.

Syekh sulaiman al-jamal dalam kitab al-futukhatu al-ilahiyyah hal 371 juz 4. Ketika terdapat kekerabatan bagi sebagian orang-orang kafir terhadap orang-orang islam terkadang mereka menyangka bahwa sesungguhnya hal itu bermanfaat untuk mereka. Dan sebagian orang-orang islam memiliki kekerabatan terhadap orang-orang kafir, terkadang mereka menyangka bahwa hal itu membahayakan diri mereka, Allah memberikan perumpamaan dan memulai dengan yang pertama maka Allah berfirman

:” ضرب الله مثلا الخ “      adapun istri nabi nuh dan nabi lut keduannya  adalah conto bagi orang-orang kafir yang berada didalam kekerabatan orang-orang islam, maka kekerabatan mereka tidak bisa memberi manfaat kepada kerabat yang kafir begitu juga  asyiah istri firaun berada dibawah kekuasaan  seorang laki-laki yang kafir, hal itu tidak bisa membahayakan asyiah.

Akan tetapi saya bertanya kepada Anda tentang syayyidah Maryam alaihas salam karena ia wanita beriman yang sholihah yang berada diantara kaum yang sholeh Allah berfirman :” dan ia sebagian dari orang-orang yang taat” yaitu kaum yang taat.

Syekh sulaiman jamal berkata :mereka itu adalah kelompok dan keluarga Maryam karena mereka adalah sekelompok keluarga yang sholeh  dari keturunan harun saudaranya musa . selesai.

Khotib dan khozin

Jawaban: adapun jawaban tentang pertanyaan anda mengenai penyebutan syayidah Maryam putri imron setelah disebutkannya istri lut dan istri nuh dan setelah disebutkannya istri firaun adapun yang dua yang pertama disebutkan sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir, yang beada didalam naungan kerabat orang islam, dan pergaulan mereka tidak memberi manfaat terhadap diri mereka begitu juga dengan asyiah istri firaun, yang hidup dibawah naungan laki-laki kafir yang tidak bisa membahayakan wanita tersebut.

Dan sesungguhnnya syayyidah Maryam dalam pemahaman anda seungguhnya beliau bukan dari bagian yang pertama dan yang kedua dengan bukti sesungguhnya Allah berfirman : ”وكانت من القانتين   “ yaitu kaum yang taat, sesungguhnya syekh jamal berkata : dan mereka adalah kelompok dan keluarganya”.

Ketahuilah wahai saudaraku bahwa sesungguhnya tidak seperti yang  anda fahami sesungguhnya Maryam RA merupakan bagian yang kedua firman Allah :”dan Maryam “ itu diikutkan kepada istri firaun. Maksudnya adalah ia merupakan wanita sholihah, yang hidup diantara orang-orang kafir,semua atau kebanyakan dari mereka karena firman Allah :”ia merupakan sebagian dari pada orang-orang yang taat” tidak menafikan hal itu karena yang dikehendaki sesungguhnya Maryam dari keturunan orang yang sholeh yangbaik ia dari keturunan kaum yang taat.

Bukan berarti orang-orang dizaman Maryam adalah kaum yang taat, Allah SWT tidak mengatakan :”ia berada didalam kaum yang taat,”, atau “diantara kaum yang taat” akan tetapi yang dikehendaki adalah  keluarganya dari kaum yang taat, huruf “min” disini untuk permulaan. Seakan-akan anda melupakan ucapan dalam halaman 372 juz 4 dari khashiyah sulaiman al-jamal. Dan Maryam diikutkan kepada istri firaun. Dan ucapan al-jamal dalam hal tersebut “diathofkan  terhadap istri firaun yaitu kelompok dari contoh yang kedua “ .

Jadi contoh dari orang mukmin ada dua dan contoh dari orang kafir ada dua . selesai.

Dan itu diperkuat oleh al-alusi dalam kitabnya rukhul ma’ani juz 28 hal 164.  Wallohu a’lam.

(Qurrotu ain hal :24)

About admin

Check Also

Sahabat yang murtad lalu bertaubat

murtad lalu bertaubat Pertanyaan: sesungguhnya sahabat yang telah ditetapkan kesahabatannya kemudian keluar dari islam setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam