Home / bersyukur / pakaian hitam saat berkabung dan ziarah dalam islam

pakaian hitam saat berkabung dan ziarah dalam islam

pakaian hiotam BERPAKAIAN HITAM DAN BERKABU

pada dasarnya islam tidak melarang seseorang saat berkabung menggunakan pakaian warna hitam atau putih sebab tidak ada nash yang menunjukkan akan hal itu namun jika suatu kebiasaan tadi menyerupai suatu kaum tertentu atau malah menyerupai ajaran selain ajaran islam maka itu amat dilarang sebab dalam hadits disebutkan :

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk bagian dari mereka” (HR Abu Dawud, hasan).

oleh karena itu jika berpakaian merupakan adat atau kebiasaan kaum kuffar atau kaum nasrani atau bahkan kaum yahudi maka sudah jelas dilarangnya dan lebih baik kita menghindarinya dan lebih bagus lagi menunjukkan corak agama kita sendiri  yaitu dengan menggunakan baju muslim pada umumnya yang berwarna putih, ini menghindari agar tidak menyerupai agama atau kaum yang tidak pantas ditiru.

Begitu pula tidak halal bagi wanita mengenakan pakaian serba hitam atas meninggalnya seseorang atau berkabung lebih dari tiga hari, kecuali atas meninggalnya suami.

TAKZIAH DALAM ISLAM takziah

Boleh bagi wanita berkunjung kepada keluarga perempuan si mayit untuk menyatakan ucapan bela sungkawa (ta’ziah) atau melayat , dengan syarat jangan terlalu lama. Karena bila terlalu lama, dipandang makruh oleh para Fuqoha.

 

About admin

Check Also

Buah dari tawakkal kepada Allah

Pertanyaan:  mohon tuan jelaskan bahwa  jika seseorang tidak memintak pertolongan dari tuannya  maka sesungguhnya ia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam