Home / Uncategorized / Perawatan anak yatim

Perawatan anak yatim

Pertanyaan: bagaimana Allah membatasi kita cara merawatan anak yatim ?

Jawab: tentang merawat anak yatim, Allah berfirman :”dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim katakanlah : mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu mengauli mereka maka mereka adalah saudaramu dan Allah mengetahui siapa yang yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan, dan jikalau Allah menghendaki niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah maha perkasa lagi maha bijaksana” (QS. Al-baqoroh : 220).

Sesungguhnya Allah mengajarkan orang beriman cara merawat anak yatim dengan cara berbuat baik pada mereka. Maka sesungguhnya pelukan yang disebut dengan mata kasih sayang itu ketika mengajaknya tinggal dirumahnya dan menjadikannya anak, adapun jika pelukannya itu untuk menghancurkan, atau merendahkannya maka Allah maha tahu dengan apa yang diperbuat kepada anak-anak yatim.

kalaulah Allah menginginkan atas orang-orang beriman agar merawat anak yatim tanpa harus ada kontak dengannya, sungguh mampu bagi Allah, akan tetapi Allah tidak menginginkan untuk hidup dengan anak yatim karena terpaksa atau benci tatkala hidup dengan mereka, oleh karena itu jika menaklukkan anak yatim dan menjadikannya benci ketika hidup dengan mereka atau menghancurkan apa yang ada pada mereka, maka Allah tidak mensyariatkan kepada manusia kecuali murni karena keinginan manusia dan bergaul bersama mereka dengan baik..

(Diterjemahkan dari kitab fatawal khubro, karangan syekh Muhammad mutawalli As-Sya’rowi hal : 74)

About admin

Check Also

Sahabat yang murtad lalu bertaubat

murtad lalu bertaubat Pertanyaan: sesungguhnya sahabat yang telah ditetapkan kesahabatannya kemudian keluar dari islam setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam