Home / dunia islam terkini / PERHIASAN EMAS ATAU PERAK DAN BERPAKAIAN YANG DILARANG BAGI WANITA:

PERHIASAN EMAS ATAU PERAK DAN BERPAKAIAN YANG DILARANG BAGI WANITA:

 

 islam memberikan batasan  bagi wanita dalam soal berhias diri dengan perhiasan emas maupun atau pun dalam berpakaian , dalam hal ini islam melarang wanita agar tidak tergolong tabarruj atau berhias ala kaum jahiliyah antara lain sebagaimana berikut ini :

  1. Perhiasan emas yang dipakai dengan maksud menimbulkan kehebohan, menyombongkan diri dan menarik perhatian orang, tamu, baik wanita atau lainnya.
  2. Minyak wangi yang menyengat hidung, dipakai di hadapan selain muhrimnya sendiri.ini sesuai dengan hadits ini , “Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad. Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’ , no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shahih)
  3. Membuka aurat wanita di hadapan orang yang bukan muhrimnya sendiri seperti yang telah dibicarakan dalam bab Busana Muslimat. dan agar supaya tidak boros dalam berpakaian sebagaimana dalam hadits nabi : Nabi Muhammad ra bersabda, “Makanlah, dan bersedekahlah dan berpakaianlah tanpa sikap berlebihan dan pamer.” (HR. An-Nasa`i, no. 2559)

 

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam