Home / dunia islam terkini / Keutamaan dan manfaat dibalik puasa

Keutamaan dan manfaat dibalik puasa

Masalah keempat puluh dua

Apa rahasia di balik puasa ?

 

Ada enam rahasia manfaat/keutamaan puasa, yaitu :

  1. Puasa dapat menjaga pandangan dari hal-hal yang dibenci atau dicela, serta hal-hal yang dapat menyibukkan dan melupakan hati dari berdzikir kepada Allah.
  2. Puasa dapat menjaga lidah agar tidak berbicara tak karuan, berbohong, mengguncingkan orang lain, mengadu domba, berbicara kotor, berkata kasar, menghembuskan api permusuhan, serta melakukan pertengkaran.
  3. Puasa dapat menahan telinga seseorang agar tidak mendengarkan hal0hal yang dibenci. Sebab, segala sesuatu yang haram untuk dibicarakan juga haram untuk didengarkan. Oleh karena itulah, maka Allah s.w.t. menggandengkan antara perbuatan memakan makanan yang haram dalam firman-Nya, “Mereka itulah orang-orang yang suka mendengar berita bohong, banyak memakan yang haram.” (QS. Al-Ma’idah :42)
  4. Puasa dapat mengendalikan anggota-anggota badan lainnya seperti tangan dan kaki, agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan dosa dan hal-hal yang makruh. Puasa juga dapat menjauhkan perut seseorang dari hal-hal yang diragukan kehalalannya. Sebab, puasa yang telah dilakukan seseorang dengan cara menghindarkan diri dari makanan-makanan yang halal tidak akan berarti jika ketika sedang berbuka dia memakan makanan yang haram.
  5. Ketika seang berbuka, orang yang sedang berpuasa dianjurkan untuk tidak makan dengan porsi banyak, karena hal itu dapat menyebabkan perutnya akan terisi penuh sehingga dia akan merasa berat untuk melakukan ibadah. Dia juga dianjurkan untu tidak menuruti semua keinginannnya, tetapi hendaknya dia bersikap wajar dan memperhatikan kesehatannya. Sebab di antara faktor-faktor yang dapat menyebabkan lemahnya fisik seseorang sehingaa dia kan malasa untuk beribadah kepada Allah s.w.t. adalah kondisi perutnya yang terisi penuh.
  6. Setelah berbuka, hanya orang yang berpuasa akan berada antara ketakutan dan harapan, karena dia tidak mengetahui apakah puasa yang telah dilakukannya akan diterima atau ditolak oleh Allah.

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam