Home / Uncategorized / Sedikit banyaknya rizki itu rahmat bagi orang mukmin

Sedikit banyaknya rizki itu rahmat bagi orang mukmin

Pertanyaan: Terkadang rizki seorang mukmin itu sedikit dan terkadang banyak., dan mungkin saja Allah menyembunyikan hikmah dari sedikit atau banyaknya rizki,. Maka sesungguhnya orng mukmin itu akan selamat dengan apa yang dikehendaki Allah, maka Apakah mungkin dengan kemuliaan anda agar memberikan kami penjelasan tentang hal  itu ?

Jawab: Disana terdapat seorang manusia yang mempuanyai rizki yang banyak yang dapat membinasakannya dan dia mengunakannya untuk kemaksiatan, kehancuran dan berbuat dosa, maka ketika Allah SWT mencegah dari banjir rizki maka hal itu adalah rahmat tidak ada bahaya baginya.

Dan disana terdapat orang yang sedikit rizkinya lalu menjadikannya mengarah pada perbuatan criminal, maksiat dan kehancuran. Ketika Allah membukakan rizki baginya maka hal itu menyelamatkan dia dari neraka, kedua orang ini menginginkan rizki dan keduanya adalah orang mukmin, akan tetapi Allah SWT menyukai hamba-hambanya yang mukmin, sebagian diberi  dan sebagian yang lain dihalang-halangi, didalam pemberian itu terdapat rahmat, dan didalam pencegahan juga terdapat rahmat, orang mukmin menjalani kehidupan didalam hatinya terdapat perasaan ini, dan ia tahu dengan yakin bahwa Allah SWT menyukai hambanya yang beriman, dan ia tahu dengan yakin bahwa sesungguhnya Allah  menolong orang-orang beriman, ia juga tahu dan yakin bahwa sesungguhnya Allah penolong bagi orang-orang yang beriman baik didunia maupun di akherat,.

Oleh karena itu ketika ia menghadap kelangit dan meminta sesuatu, jika diberi maka hal itu baik, jika tidak diberi hal itu juga baik. Kenapa ? karena Allah SWT menghendaki kebaikan baginya  dan Dia mengetahui apa yang tidak kita ketahui.

(Diterjemahkan dari kitab fatawal khubro, karangan syekh Muhammad mutawalli As-Sya’rowi hal : 47)

About admin

Check Also

Sahabat yang murtad lalu bertaubat

murtad lalu bertaubat Pertanyaan: sesungguhnya sahabat yang telah ditetapkan kesahabatannya kemudian keluar dari islam setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam