Home / dunia islam terkini / Sunnah yang diajarkan Nabi SAW saat berbuka

Sunnah yang diajarkan Nabi SAW saat berbuka

 Masalah Kedua Puluh Dua

Apa yang diajarkan Nabi ketika berbuka puasa ?

sebelum puasa Nabi mengajarkan kita untuk niat puasa atau bersahur, namun dalam pembahasan kali ini akan membahas m,engenai berbuka, telah jelas diantara kita doa sebelum berbuka puasa merupakan keharusan sebelum melakukannya, namun dalam hal ini Nabi mengajarkan saat berbuka untuk memilih kurma dulu jika ada sebagaimana Rasulullah s.a.w bersabda,

“jika salah seorang di antara kalian berbuka puasa, hendaklah berbuka dengan kurma, tetapi jika tidak, hendaklah berbuka dengan air,karena air itu suci.”

Dalam riwayat lain disebutkan, “Nabi berbuka dengna kurma basah, jika tidak menemukannya, beliau berbuka dengan kurma kering, jika belum juga menemukanny, beliau minum beberapa teguk air.”

Hadits yang terakhir ini merupakan perbuatan Rasulullah. Oleh karena itum disunahkan berbuka dengan kurma walaupun sedikit. Menurut sebagian ilmuwan kesehatan, alasan mengapa hanya kurma yang dijadikan sebagai pilihan untuk berbuka adalah, karena kurma mengandung zat gul yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang lapar dan sangat baik bagi penceranaan.

Di antara sunna Nabi s.a.w adalah berbuka dengan beberapa kurma dalam jumlah ganjil setelah terbenamnya matahari dan sebelum shala Maghrib sesorang boleh saja berbuka dengan makanan lain, tetapi akan lebih baik jika mengikuti sunah rasul.

Ada beberapa hadis tentang doa yang dibaca ketika  hendak bebrbuka. Di antara hadis-hadis tersebut bunyinya adalah adalah,

“rasa dahaga telah hilang, urat-urat adi telah basah, dan pahala telah ditetapkan.”

“Ya Allah, Karena-mu aku berpuasa dan atas rezeki-mu aku berbuka! Terimalah amalku ini! Engkau adalah Zat Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

jadi hendaklah seseorang ketika buka puasa dengan menu buka puasa yang disunnahkan Rasul SAW sebab dari sisi kesehatan sangat baik  bagi tubuh dan lebih-lebih l;agi itu merupakan sunnah.

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam