Home / dunia islam terkini / TANDA SIKLUS WANITA HAID TIDAK TERATUR

TANDA SIKLUS WANITA HAID TIDAK TERATUR

Banyak orang mengganggab bahwa darah haid itu sama dengan menstruasi, menstruasi hanya dialami anak perempuan yang sudah sdewasa atau sudah baleq, biasanya anak perempuan tersebut berumur sekitar 11-14 tahun atau bahkan yang lebih muda lagi umur 9 kemungkinan bisa keluar darah haid.

Dan berlangsungnya maenstruasi ini sekitar 5 hari sampai 1 minggu atau kadang pula lebih dari itu. Dan darah haid keluar dikarenakan tidak dibuahinya sel telur oileh sperma, sedangkan  Darah haid itu sendiri adalah darah yang ke luar dan farji perempuan dalam keadaan sehat, bukan karena melahirkan anak ataupun pecahnya selaput darah.

Tanda siklus ini menandakan bahwa seorang anak bertambah dewasa artinya anak mengalami transisi dari anak-anak menuju kedewasaan, hal ini wajar terjadi setiap manusia, namun dengan berbeda cara kalau perempuan tanda baleq atau dewasanya dengan munculnya darah haid sedangkan laki-laki dengan mimpi basah.

MASA SIKLUS WANITA HAID YANG TERATUR ATAU NORMAL

Kebanyakan ulama berpendapat bahwa haid itu takkan terjadi sebelum anak perempuan mencapai umur 9 tahun. Jadi kalau dia melihat dan farjinya keluar darah, padahal umurnya belum mencapai 9 tahun, itu bukan darah haid, tapi darah penyakit.

siklus haid teratur atau normal terbagi menjadi 2 tahap yang pertama adalah tahap praovulasi dari hari pertama haid sampai saat ovulasi dan tahap kedua adalah tahap pasca ovulasi dari hari ovulasi sampai haid berikutnya,

haid

sedangkan ovulasi adalah proses yang terjadi di dalam siklus menstruasi wanita. Pada proses ini folikel yang matang akan pecah dan mengeluarkan sel telur ke tuba falopi untuk dibuahi.Pada tahapan ini lapisan rahim telah menebal untuk mempersiapkan sel telur yang telah dibuahi. Keluarnya darah ini biasanya berlangsung tiap bulan sekali sampai masa monopause.

Dalam hal ini tak ada dalil yang menunjukkan adanya batas umur tertentu bagi terhentinya darah haid. Jadi sekalipun sudah tua, apabila masih melihat keluarnya darah dan farjinya, itupun masih tergolong darah haid.

MASA SIKLUS WANITA HAID YANG TIDAK TERATUR ATAU NORMAL

Menstruasi atau haid yang dialami seorang wanita tidak selamanya teratur kadang ada pula yang tidak teratur itu disebabkan banyak berbagai factor, pada dasarnya sirkulasi haid wanita itu sekitar 25-35 hari jika lebih atau kurang dari itu maka haid atau menstruasi wanita tersebut tidaklah normal, penyebab ketidak normalan menstruasi seorang waniota bisa diakibatkan berbagai macam yaitu : ganguan kelenjar teroid, pola makanan, alat kontarasepsi atau KB, stress dan masih banyak yang lainnya,

Cara menanggulangi haid atau mentruasi yang tidak teratur mungkin penulis ingin menunjukkan tips alami yang penulis ketahui yaitu dengan daun papaya yang  direbus dan diambil airnya dan diminum selagi hangat dikonsumsi setiap hari ini insyaallah bisa melancarkan haid, dan masih banyak tips lain yang alami, selamat mencoba…..\

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam