Home / dunia islam terkini / WANITA IKUT MELAKUKAN SHALAT JANAZAH DAN IKUT MENGGANTAR JENAZAH

WANITA IKUT MELAKUKAN SHALAT JANAZAH DAN IKUT MENGGANTAR JENAZAH

WANITA IKUT MELAKUKAN SHALAT JANAZAH

dalam pembahasan kali ini kita membahas hukum bagaimana jika seorang wanita melakukan shalat jenazah bukan membahas tentang tata cara shalat jenazah atau bahkan bacaan shalat jenazah atau shalat ghaib itu sendiri.

Seperti halnya laki-laki, wanita pun boleh melakukan shalat janazah baik dengan menghadiri mayit tersebut maupun shalat ghaib saja . Pengarang Fiqh As-Sunnah mengatakan:

Artinya:

“Umar telah menunggu Ummu Abdillah hingga ia sempat ikut menyembahyangi mayat ‘Utbah. Dan ‘Aisyah menyuruh agar mayat Sa’ad bin Abi Waqqash dibawa ke hadapan beliau untuk beliau sembahyangi.”

Bahkan kata An-Nawawi: “Seyogyanya wanita pun disunnahkan melakukan shalat janazah secara berjamaah seperti pada shalat lainnya.”

Demikian pula kata Al-Hasan bin Shalih, Sufyan At-Tsauri, Ahmad dan Al-Ahnaf. Rupanya Imam Malik lah yang mengatakan, mereka shalat sendiri-sendiri. (Maktabah Al-Muslim 1:450)

Dan semua itu dengan syarat, mereka tetap menutup aurat, tidak mempertontonkan perhiasannya, tidak bersikap menggoda lelaki dan tanpa minyak wangi.

 

WANITA IKUT MENGANTAR JANAZAH                                                           

Kebanyakan Ulama berpendapat bahwa pada prinsipnya hukum wanita tak boleh ikut mengantarkan janazah ke kubur. Berdasarkan berbagai pendapat, minimal perbuatan itu makruh mereka lakukan. Ini tak lain karena wanita yang ikut mengantar janazah ke kubur takkan mampu menguasai diri akibat dorongan perasaan dan tabiat mereka. Mereka akan menangis keras-keras dan meratap, suatu hal yang terlarang dalam agama.

About admin

Check Also

niat puasa sunnah

Masalah kesembilan belas Kapankah niat puasa sunnah diutarakan?   Aisyah r.a. meriwayatkan, “Pada suatu hari, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tanya Jawab Agama Islam